Tuesday, May 18, 2010

Girl with a pearl earring


Mengambil setting Belanda tahun 1664, Griet seorang anak tukang ubin menjadi pembantu rumah tangga seorang pelukis terkenal, Johanes Vermeer karena terpaksa. Ayahnya menjadi buta karena kecelakaan kerja, dan Vermeer sebagai salah satu pengurus perusahaan tempat ayah Griet bekerja menunjukkan tanggung jawab dengan mempekerjakan gadis kecil berumur 16 tahun ini untuk mengurus keempat anaknya, Catherina istri yang sedang hamil tua, rewel dan pencemburu, Maria Thins, mertua yang sudah tua tapi bijak bersama Tanneke, seorang pembantu lain yang sudah lama mengabdi pada keluarga Vermeer.

Griet sangat menghormati dan memuja Vermeer, namun sering menjadi tumpuan kemarahan Catherina yang indra keenamnya sebagai seorang istri sangat tajam. Karena di tengah perjalanan cerita Vermeer jatuh cinta pada Griet dan cintanya tidak bertepuk sebelah tangan. Cinta yang terlarang, tentu saja... Namun Griet, diakhir cerita menjadi orang bebas...bukan simpanan, bukan lagi budak.

Roman yang halus, manis...mengharukan...dan intinya, cinta bisa menghampiri hati setiap manusia, tak peduli kasta...

Buku terbitan Gramedia tahun 2003 ini aku beli dari obral buku di kantor, hanya seharga Rp 6,000 dua bulan lalu. Asyik dibaca kalau lagi pengen romantis romantisan... :)

No comments: