Monday, May 3, 2010

Seri Klub Baca Franklin


Franklin adalah seekor kura kura kecil, sekitar umur 5 - 6 tahun lah..karena baru bisa berhitung lompat dua, mengancingkan baju sendiri, dan membaca dengan mengeja. Dia tinggal bersama orang tua dan adiknya. Bersekolah di sekolah binatang bersama Beaver, Bear, Fox, dan lain lain. Gurunya seekor burung hantu yang bijaksana.

Serial Fraklin (lebih dari 30 buku) berisi pesan moral yang disampaikan dengan sederhana sehingga mudah ditangkap untuk anak anak. Di Indonesia diterbitkan oleh Kanisius, tidak ada muatan agama tertentu, tapi inti dari cerita cerita Fraklin adalah kasih, kemandirian dan kejujuran.

Sejak terbitan pertama aku sudah jatuh cinta dengan seri ini. Selain warna dan gambarnya cantik, ceritanya juga bagus bagus. Dan Cinta juga suka sekali. Karena waktu itu Cinta masih belum bisa baca sendiri, aku selalu membacakan dan menceritakan kembali apa yang belum dia mengerti. Tapi karena sekarang Cinta sudah hampir SD, dan seri Klub Baca ini memang ditujukan untuk anak anak yang sedang belajar membaca (hurufnya besar besar dan ceritanya tidak terlalu panjang), dia mulai membaca sendiri.

Serial Franklin yang terbaru adalah seri Klub Baca Franklin ini (baru ada 5 buku). Harganya Rp 19,200 kalau di Petra Toga Mas Surabaya.




Yang paling berkesan buat Cinta adalah cerita tentang Bear yang menginap di rumah Franklin. Itu Seri Franklin pertama yang aku beli buat dia sekitar 4 tahun yang lalu. Berpuluh puluh kali dia minta dibaca ulang sebelum tidur, sehingga hapal titik komanya...kalau aku lagi ngantuk dan cape, dan aku bacanya banyak yang aku lompatin biar cepat selesai, dia protes, katanya "kemarin ceritanya nggak pendek gini loh, Mam. Yang bakar sate belum, yang main senter belum" dan dia membalik balik sendiri bukunya....Haiyaaahhh....akhirnya harus baca ulang dari depan...kemudian ngantukku hilang tapi dia bisa tidur lelap :)

No comments: