Wednesday, August 10, 2011

Food Photography Made Easy

foodphotography
Toga Mas Surabaya
Rp 63,580
July 2011



Aku excited sekali waktu tahu bahwa akan ada buku Food Photography berbahasa Indonesia  baru yang akan terbit. Apalagi penyusunnya adalah orang orang yang aku kenal dengan baik di milis NCC dan KBB, yaitu Riana Ambarsari, Arfi Binsted, Dita Wistarini dan Irra Fachriyanthi - yang kemudian menamakan diri mereka "Empat Rana"

Karena itu waktu ke Toga Mas beberapa waktu yang lalu aku sempatkan mencari buku ini dan dapat.

Walaupun aku beli beberapa buku bersamaan dengan FPME, tapi buku ini menjadi prioritas untuk aku baca. Isinya lumayan bermanfaat untuk orang yang baru belajar photography seperti aku. Sebagian besar memang sudah dibahas di blog blog mereka yang rajin aku kunjungi, tapi kalau dikumpulkan dalam satu buku begini jadi lebih enak membacanya :)

Dua yang mengganjal buat aku sebagai pembaca awam (yang bermata minus + plus dan kalau baca buku sambil tiduran) adalah banyaknya photo photo yang dibuat terlalu besar, layoutnya satu halaman full, terlalu closed up, dan beberapa diantaranya pecah (seperti misalnya di halaman 6,7,49,70,105). Menurutku akan lebih menarik kalau tidak sebesar itu.

Yang kedua adalah, ketika membandingkan beberapa photo untuk melihat perbedaan, photo photo tersebut diletakkan dalam halaman yang berbeda. Misalnya pada bagian penjelasan soal Aperture. Photo semangkuk kacang dan setumpuk buku ada di halaman 19,20 dan 21 lalu pembahasannya di halaman 22. Ketika kita mau melihat berbedaannya, repot harus membalik balik halaman. Akan lebih mudah apabila dibuat seperti halaman 102, di mana 2 photo yang diperbandingkan ada dalam satu halaman jadi bisa langsung kelihatan bedanya.

The rest, OK...photonya cantik cantik dan bikin ngiler (terutama koleksi propertinya Arfi dan Ditta), bahasanya juga mudah dimengerti. Worth buying dan recommended untuk food photographer dan food blogger.

Congrats, Empat Rana :)

1 comment:

oliph said...

Food Photography-nya mesti pake kamera canggih ya? hiks hiks..baru punya kamera saku itupun pixelnya gak besar2 amat....hehehe
tp tetep semangat, jepret sana jepret sini seadanya..yang penting ada fotonya xixixi *salam kenal bu*